Pemkab Intan Jaya Siap 13 M Bayar Kepala Konflik Pilkada

Pemerintah Kabupaten Intan Jaya langsung bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan terkait konflik yang terjadi di Pilkada setempat beberapa waktu lalu.
Share it:
Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni saat menyampaikan pernyataan pers
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kabupaten Intan Jaya langsung bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan terkait konflik yang terjadi di Pilkada setempat beberapa waktu lalu.

“Proses perdamaian ini kami lakukan secara cepat dengan mencairkan anggaran Pemerintah dalam Anggaran Perubahan 2017 untuk penyelesaian pembayaran kepala dan lain-lain,” ungkap Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni yang dikonfirmasi seusai melakukan ibadah syukuran di Swiss Bell Hotel, Rabu malam (13/13).

Diakuinya, ekspedisi anggaran untuk pembayaran korban meninggal atau luka akibat konflik Pilkada di Intan Jaya bervariasi.

“Tidak semua terima yang sama, tetapi anggaran yang kami sudah sediakan sebesar 13 Miliar,” beber Tabuni.

Dana 13 M ini sambung Tabuni adalah untuk biaya perdamaian saja sedangkan biaya untuk rehabilitasi ditangguhkan pada APBD 2018.

Sementara itu, Ketua DPRD setempat, Marthen Tipagau menegaskan, pihaknya mendukung Pemkab Intan jaya  melakukan rekonsiliasi konflik pilkada di wilayah tersebut.

Menurutnya, banggar DPRD Intan Jaya dan tim anggaran Pemda sepakat bagaimana mendukung penyelesaian dari sisi anggaran, untuk pembayaran kepala.

"Secara aturan, penutupan anggaran APBD 2017 berakhir Desember ini, dan dalam APBD perubahan sudah ditandatangani ketua DPRD, sehingga tidak ada masalah. Dinas terkait bersama keuangan bisa memproses ini sesuai aturan dan melakukan pendekatan secara budaya kepada korban di Intan Jaya," lanjut Marthen.

Menurutnya, ada enam orang yang menjadi korban dalam rusuh Pilkada Intan Jaya lalu, Namun kini sudah ada putusan MK yang merupakan putusan tertinggi.  Turunan dari putusan itu, pelantikan Bupati dan Wabup terpilih

"Saya mewakili lembaga DPRD Intan Jaya, mengimbau masyarakat  bahwa apapun keputusannya, Natalis Tabuni dan Yan Kobogau adalah Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya dua periode," cetusnya

Dan, kepada kandidat lain, sebaiknya mari bergandengan tangan membangun Kabupaten Intan Jaya.

"Kami mau Intan Jaya aman dan pasangan bupati terpilih dan calon lainnya kembali mendamaikan masyarakat Intan Jaya," pungkasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga