PKKD Lakukan Pendampingan PPK OPD Kota Jayapura

Sejak sebulan lalu, Pusat Kajian Keuangan Daerah (PKKD) Jakarta, melakukan pendampingan terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Jayapura.
Share it:
Kepala BPKAD Kota Jayapura, DR. Adolf Siahay, SE, M.Si, Ak.CA 
Jayapura, Dharapos.com
Sejak sebulan lalu, Pusat Kajian Keuangan Daerah (PKKD) Jakarta, melakukan pendampingan terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Jayapura.

Dengan sasaran Pejabat Penatausahaan Keuangan  (PPK) OPD di lingkup Pemkot Jayapura.

Pendampingan ini bertujuan untuk menyusun laporan keuangan, sekaligus dikonsolidasikan menjadi laporan keuangan Pemerintah daerah

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat, DR. Adolf Siahay, SE, M.Si, Ak.CA yang dikonfirmasi, mengakui pendampingan penyusunan laporan keuangan bagi  PPK OPD di lingkup Pemkot Jayapura  sangat penting untuk di lakukan.

Mengingat, sistem administrasi pengelolaan keuangan itu tentu berbicara tentang tepat waktu hingga keakurasian pelaporan sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

“Dimana pada prinsipnya, akuntabilitas, transparansi dan partisipatif harus dilaksanakan dari hari ke hari karena sangat penting bagi penyusunan laporan keuangan Pemerintah daerah,” urainya, di kantor Wali Kota, Jumat (15/12).

Lanjut Siahay, laporan yang disusun PPK-OPD tersebut meliputi laporan realisasi anggaran (LRA), Laporan Operasional (LO), Neraca, Laporan Perubahan Ekuitas serta Catatan atas Laporan Keuangan dan selanjutnya dikonsolidasikan oleh PPKD menjadi laporan keuangan daerah dengan ditambah Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih dan Laporan Arus Kas..

“Setelah itu mereka akan membantu PPK OPD untuk menyusun laporan keuangan sampai triwulan 3 per 30 September 2017 dan sisa 3 bulan ke depan akan dilaksanakan,” lanjutnya.

Dengan demikian, sesuai harapan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM pada Februari 2018 mendatang, laporan keuangan Pemkot Jayapura sudah disampaikan kepada auditor BPK untuk diaudit.

Untuk itu, Siahay mengharapkan keseriusan masing-masing OPD untuk menyusun laporan keuangan, agar dalam penatausahaan keuangan dan aset di setiap OPD dapat berjalan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Kehadiran para bendahara dari masing-masing OPD sangat penting karena, terkait hal ini mereka lebih paham terhadap pengeluaran terkait realisasi keuangan,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga