Umat Muslim dan Hindu Ikut Kirab Damai Natal di Kota Jayapura

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM resmi membuka Kirab Damai Natal dan Pencanangan Natal di Kota Jayapura, Jumat (1/12).
Share it:
Umat Muslim dari berbagai masjid turut terlibat dalam Kirab Damai Natal di Kota Jayapura, Jumat (1/12)
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM resmi membuka Kirab Damai Natal dan Pencanangan Natal di Kota Jayapura, Jumat (1/12).

Yang menariknya, selain ribuan umat Nasrani yang hadir, tak ketinggalan basudara Muslim dan Hindu juga turut terlibat pada Kirab Natal yang dimulai pada titik di start GOR Cendrawasih APO hingga finis di Taman Imbi, pusat Kota Jayapura.

Seperti, Wanita Islam Kota Jayapura, Majelis Ta'lim Ar Rahman Kloofkamp Jayapura, Majelis Taklim As. Shifa Aryoko Kelurahan Gurabesi, Majelis Taklim Al Iman Dok 4 Jayapura Utara, Majelis Taklim Jabal Hikmah Pasir 2 Jayapura dan Majelis Taklim Jami'atul Muslimin Perumnas serta Umat Hindu dan Budha di Kota Jayapura.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM, Plh. Sekda Kota Drs. M. Nurjainuddin Konu, MKP, Muspida kota bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah Pemkot Jayapura.

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat menyampaikan sambutan
Hadir pula, Ketua PGGS, Ketua FKUB Kota, Ketua Klasis GKI Jayapura serta Ketua LMA Port Numbay.

“Kegiatan ini merupakan wujud kebersamaan dan kerukunan kita serta wujud Kota Jayapura sebagai rumah, istana atau honai kita bersama. Karena itu, marilah kita bersukacita karena Tuhan yang telah mengasihi kota ini,” ajak Wali Kota dalam sambutannya sebelum kirab.

Sementara itu, Pdt. Ricart Paay, S.Th mengaku akan terus bersama dalam rangka gema natal untuk seluruh masyarakat Kota Jayapura dan seluruh umat beragama di Kota Jayapura.

“Apa yang kita lakukan ini tentu untuk meningkatkan kebersamaan dan toleransi antar umat beragama yang telah terjalin selama ini teristimewa menjelang momen Natal,” akuinya.

Paay juga mengapresiasi kirab Natal ini karena bukan saja diikuti oleh umat Nasrani namun juga keterlibatan umat Muslim, Hindu dan Budha untuk semakin mempertegas bagaimana hidup bersama di Kota Jayapura.

Momen saat pencanangan Natal oleh Wali Kota
“Sehingga seluruh elemen masyarakat teristimewa seluruh umat beragama di Kota Jayapura hari ini kita arahkan untuk hadir bersama-sama dan berbondong-bondong dalam rangka kirab Natal,” tandasnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Jayapura, Drs. Syamsudin, MM mengatakan hari ini seluruh umat beragama ingin menunjukkan bahwa toleransi di Kota Jayapura bukan “Lips Service”.

“Kita tunjukkan bahwa kebersamaan dan toleransi yang kita ciptakan bertahun-tahun dan hari ini kita perkuat lagi dalam wujud aplikasi kebersamaan. Kita hadir dengan berbagai agama dan warna dengan satu tujuan untuk bagaimana menciptakan dan mempertahankan situasi yang produktif,” bebernya.

Ida Bagus Sutakertya, M.Si selaku Ketua Parisada Hindu Dharma Kota Jayapura turut menambahkan pihaknya juga terlibat aktif dalam kegiatan kirab Natal ini.

Ribuan umat beragama memenuhi Taman Imbi mengikuti pencanangan Natal 2017
“Kami mendatangkan beberapa tokoh yang terlibat karena menurut kami ini merupakan acara yang penting yang berkaitan dengan kerukunan antar umat beragama yang terjalin di Kota Jayapura. Inilah wujud nyata dari kerukunan yang terjadi disini,” sambungnya.

Pihaknya menghadirkan Pinandita, Pemuda dan Remaja serta juga ibu-ibu  Hindu Dharma.

Baginya, acara ini sangat penting dan bermanfaat, apalagi kondisi  di beberapa provinsi yang berkaitan masalah kerukunan, kadang-kadang terjadi masalah.

“Karena itu melalui kegiatan ini, kita bisa menunjukkan wujud dari kedamaian, keharmonisan dan kerukunan antara umat beragama,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga