3 OPD Kota Jayapura Raih Penghargaan Wali Kota

Berhasil menorehkan prestasi melalui inovasi baru, 2 dinas dan satu badan di lingkup Pemerintah Kota Jayapura mendapat penghargaan dari Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM.
Share it:
Foto bersama seusai penyerahan penghargaan oleh Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com
Berhasil menorehkan prestasi melalui inovasi baru, 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Jayapura mendapat penghargaan dari Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM.

Masing-masing Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu serta Badan Pendapatan Daerah Kota Jayapura.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota pada acara  malam syukuran lepas sambut 2017-2018 dan turut disaksikan oleh anggota DPRD setempat yang juga merupakan mitra dengan 3 OPD dimaksud

Ketiganya dinilai mampu melahirkan inovasi seperti Bapenda Kota Jayapura mampu menciptakan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPODA) berbasis online yang telah diterapkan sejak 2014 lalu.

Kemudian, Disdukcapil Kota Jayapura dengan inovasi yang dicetuskan yakni Tekan HP Akta Jadi,
 Anjungan Dukcapil Mandiri, DAKU Papua, Kampung Tertib Dukcapil, Nikah Capil Kilat, Kelahiran Plus  dan operasi e-KTP elektronik serta Nikah sipil massal.

Sementara DPMPTSP memunculkan inovasi pelayanan Online  SMS gateway hingga Nomor Antrian Digital.

Ketiganya bersama OPD lingkup Pemkot Jayapura lainnya yang selalu didorong Wali Kota menciptakan berbagai inovasi baru dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Ketiganya mampu melahirkan inovasi yang sangat luar biasa, dan dari situ juga saya  berharap pimpinan OPD lain bersama jajarannya dapat mencontohi itu,” imbuh Wali Kota pada malam syukuran Lepas Sambut Tahun Baru 2017-2018 yang di pusatkan di lokasi Festival Humbolt, Distrik Jayapura Selatan, Jumat (5/1/2018) yang turut dihadiri ribuan warga dari berbagai kalangan.

Sebagai seorang  pemimpin,  Wali Kota dua periode ini menginginkan jajarannya harus kreatif dalam
melakukan pelayanan kepada masyarakat Kota Jayapura.

“Jika kita bekerja dengan hati untuk melayani masyarakat maka tentu kita mampu menciptakan inovasi-inovasi baru,” cetusnya.

Dengan diberikan penghargaan, Wali Kota minta 3 OPD untuk tetap melakukan inovasi di tahun-tahun berikut agar pelayanan yang diberikan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kota Jayapura.

Sementara itu, Kepala Bapenda  kota Jayapura DR. Fachruddin Pasolo, M.Si mengaku bangga dan mengapresiasi penghargaan yang diberikan Wali Kota.

“Penghargaan ini tentu untuk memacu kita karena merupakan bagian dari evaluasi kinerja bagi saya dan seluruh jajaran serta menjadi satu motivasi untuk kami terus berkreasi dan berinovasi,” ucapnya.

Penerimaan pajak, lanjut Pasolo sangatlah berkolerasi dan hubungan yang sangat signifikan ini adalah bagaimana Bapenda menjaga kualitas pelayanan serta memberikan ruang kepada wajib pajak untuk mendapatkan akses yang lebih cepat dalam pembayaran pajak.

“Jika kita memberikan pelayanan berkualitas dan baik serta dekat kepada wajib pajak maka tentu penerimaan pun akan menjadi cepat,” tandasnya sembari terus memperbaiki sistem administrasi terutama dari sisi data base agar dapat mengetahui potensi berapa yang harus dikerjakan guna mendapat penerimaan sesuai target PAD.

Diakuinya pula, target  yang diberikan kepada Bapenda dengan tupoksi adalah menggali dan mengelola PAD serta mempertinggi penerimaan fiskal sangat juga bergantung pada potensi daerah setempat.

“Ini tidak terlepas dari kemampuan kita untuk mendata karena jika terus memutakhirkan pendataan dan proaktif di lapangan dengan sistem administrasi yang baik serta terus memacu kinerja aparatur maka tentu kita bisa mendapatkan hasil yang baik,” tandas Pasolo.

Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dorongan Wali Kota terhadap dirinya bersama seluruh jajaran.

“Hal ini tentu merupakan bagian untuk menindaklanjuti arahan pimpinan dan juga improvisasi dalam tugas guna mencari cara yang terbaik terkait dokumen kependudukan sehingga lahirlah inovasi yang kami buat,” akuinya.

Ditegaskan pula, dengan adanya penghargaan ini tentu akan memacu pihaknya untuk bagaimana inovasi yang telah dibuat bisa menjadi viral dan masyarakat suka serta mau menggunakannya.

Kepala DPMPTSP setempat, Yohanes Wemben mengakui bahwa penghargaan ini merupakan wujud apresiasi dari Wali Kota kepada pihaknya bersama 2 OPD lainnya.

“Wali Kota menganggap bahwa apa yang dilakukan selama ini tentu sesuai dengan yang diharapkan terkait inovasi baru yang bisa kita wujudkan dan tentu juga karena dorongan dan motivasi untuk terus bekerja sesuai dengan harapan beliau,” akuinya.

Dan, Wali Kota juga berharap di tahun ini semua OPD tertantang untuk bisa menciptakan inovasi khusus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga