Komisi I DPR Papua Soroti Masalah Lahan Parkir di Kota Jayapura

Terjadinya kemacetan yang semakin parah pada sejumlah kawasan di Kota Jayapura kini menjadi sorotan.
Share it:
Salah satu kawasan di Kota Jayapura yang kini jadi langganan macet
Jayapura, Dharapos.com 
Terjadinya kemacetan yang semakin parah pada sejumlah kawasan di Kota Jayapura kini menjadi sorotan.

Sejumlah lokasi terutama di jalan protokol maupun kawasan perekonomian antara lain Jalan Ahmad Yani, Jalan Percetakan dan terlebih khusus lagi di kawasan Ruko Pasifik Permai Dok II kini menjadi lokasi langganan terjadinya kemacetan.

Menyikapi kondisi ini, Wakil Ketua Komisi I DPR Papua Tan Wie Long yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (26/1) menyoroti kinerja Dinas Tata Kota Jayapura.

"Kami minta Dinas Tata Kota Jayapura harus menindak tegas hal tersebut," desaknya.

Komisi I, lanjut Tan menginginkan agar semua pihak introspeksi diri di dalam hal tugas-tugas kedaerahan sehingga kondisi ini bisa benar-benar diperhatikan.

Terutama kepada pengusaha hotel dan perbankan dalam setiap melakukan sebuah pembangunan usahanya diharapkan memperhitungkan lahan parkirnya tersedia atau tidak.

Karena kenyataannya saat ini semua lahan parkir yang dipakai adalah jalan umum.

“Secara tidak langsung mereka ini sudah merampas hak pengguna jalan. Untuk itu, hal ini harus diperhatikan agar tidak merugikan pihak-pihak lain. Dalam hal ini hak pengguna jalan harus dihormati,” kembali tegasnya.

Tan kemudian memberikan contoh kongkrit yang ditemukan pihaknya di Ruko Pasifik Permai.

Di kawasan tersebut, hotel bisa dibangun bertambah tinggi tetapi tidak memperhatikan lahan parkir sehingga membuat pengguna jalan terdampak macet.

“Lalu kemudian membuat palang parkir, ini aturannya dari mana?” herannya.

Seharusnya, sambung Tan, mereka sudah harus berpikir untuk membuat lahan parkir agar jangan terjadi kemacetan di jalan raya.

“Karena kalau terjadi kemacetan maka ini sangat menghambat roda perputaran ekonomi yang ada di Kota Jayapura dan mengakibatkan inflasi yang lebih tinggi dari asumsi yang sebenarnya,” tandasnya.

Olehnya itu, Komisi I DPR Papua kembali mendesak Dinas Tata Kota setempat untuk bertindak tegas mengatasi persoalan lahan parkir di Kota Jayapura.


(Vian)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga