Malam Lepas Sambut, Wali Kota Beberkan Capaian Program di 2017

Pemerintah Kota menggelar malam syukuran Lepas Sambut Tahun Baru 2017-2018 yang di pusatkan di lokasi Festival Humbolt, Distrik Jayapura Selatan, Jumat (5/1/2018) yang dihadiri ribuan warga dari berbagai kalangan di wilayah tersebut.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota menggelar malam syukuran Lepas Sambut Tahun Baru 2017-2018 yang di pusatkan di lokasi Festival Humbolt, Distrik Jayapura Selatan, Jumat (5/1/2018) yang dihadiri ribuan warga dari berbagai kalangan di wilayah tersebut.

Pada momen tersebut, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM turut membeberkan berbagai capaian program di tahun sebelumnya.

Dimana implementasi visi dan misi Pemkot Jayapura telah dituangkan dalam program dan kegiatan di berbagai sektor yang tercermin dalam pelayanan bidang pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kepada masyarakat.

Salah satunya, di bidang infrastruktur yang mana realisasi fisik kegiatan di tahun 2017 mencapai 94,97 persen dan realisasi fisik anggaran belanja tambahan tahun yang sama mencapai 85,12 persen.

“Hal ini menandakan bahwa kami akan terus menggenjot pekerjaan hingga tuntas seperti terlihat pembangunan Landmark Jembatan Hamadi - Holtekamp yang megah dan diperkirakan akan rampung pada 2018 mendatang,” bebernya.

Bidang lainnya, penyelenggaraan keuangan daerah dimana berdasarkan hasil audit BPK RI atas LKPD Kota Jayapura TA 2017, Pemkot Jayapura berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) murni dari BPK RI.

“Dan ini diperoleh selama empat tahun berturut-turut,” tandas Wali Kota.

Masih dalam bidang yang sama, Pemkot juga berhasil meraih penghargaan dari Universitas Gadjah Mada sebagai pengelola keuangan yang sehat dengan capaian peringkat tertinggi untuk Papua dan Indonesia Timur.

Sementara itu, di bidang penyelenggaraan pendapatan daerah khususnya dalam pengelolaan pajak dan retribusi daerah yang  terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Hal ini tidak terlepas dengan berbagai inovasi  sistem informasi manajemen pendapatan daerah berbasis online yang mulai diterapkan Badan Pendapatan Daerah sejak 2014 lalu,” urainya.

Keberhasilan juga diraih dalam bidang penyelenggaraan pencatatan sipil pada tahun 2017.

Salah satunya, Pemkot Jayapura meraih peringkat kedua tingkat nasional dan menerima penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri pada kategori “Dukcapil Hebat”.

“Ini merupakan komitmen saya dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kota Jayapura,” cetusnya.

Belum lagi, pemberlakukan inovasi lainnya seperti  Tekan HP Akta Jadi, Anjungan Dukcapil Mandiri, Daku Papua Kampung Tertib Dukcapil, Nikah Capil Kilat Kelahiran plus Operasi KTP elektronik dan Nikah sipil massal.

Bidang perizinan dan pelayanan satu pintu pun turut menunjukkan capaian yang luar biasa.

Sejumlah perubahan dan kebijakan yang dilakukan pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan 
Terpadu Satu Pintu turut dilahirkannya berbagai inovasi baru antara lain pelayanan online SMS Gateway, Nomor Antrian Digital, Kios Informasi, Pelayanan Cepat  30 menit, 1 jam dan 3 jam.

Kemudian, bidang pendidikan di mana tiga sasaran utama yaitu perluasan dan pemerataan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing serta penguatan tata kelola akuntabilitas dan pencitraan publik tentang pengelolaan pendidikan.

Maupun pelayanan di bidang kesehatan di mana pada 2017 lalu Pemkot telah melaksanakan berbagai program diantaranya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, perbaikan gizi masyarakat kampung dan perkotaan.

Selanjutnya, pengembangan lingkungan sehat, pencegahan dan penanggulangan penyakit menular, pelayanan kesehatan serta pelayanan administrasi perkantoran.

“Bidang ketenteraman dan keamanan juga merupakan bagian penting yang memerlukan perhatian yang sungguh-sungguh,” tandas Wali Kota.

Dan memaksimalkan itu, Pemkot mendorongnya melalui pembangunan pos kamling untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat serta penempatan pos-pos TNI – Polri pada sejumlah wilayah di Kota Jayapura.

Wali Kota pada momen yang sama mengakui banyak pula persoalan dilewati bersama sepanjang tahun 2017.

Dan ia menegaskan, Pemkot juga ikut prihatin dan selalu bertanggung jawab atas musibah kebakaran dan banjir yang menimpa warga.

“Olehnya itu, saya ingin mengajak kita semua untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan serta selalu memperhatikan kondisi rumah agar selalu aman dari bahaya kebakaran,” tukasnya.


(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga