Pemkot Gelar Kegiatan Jumat Bersih di Distrik Jayapura Utara

Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Jayapura mulai dari tingkat Distrik, Kelurahan bahkan RT dan RW dikerahkan untuk melaksanakan kegiatan Jumat Bersih di wilayah Distrik Jayapura Utara.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat mengangkat botol aqua dari laut
Jayapura, Dharapos.com
Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Jayapura mulai dari tingkat Distrik, Kelurahan bahkan RT dan RW dikerahkan untuk melaksanakan kegiatan Jumat Bersih di wilayah Distrik Jayapura Utara.

Kerja bakti massal dengan mengambil lokasi di darat dan pesisir pantai ini dipusatkan di Rusunawa Pasar Inpres Dok IX dan sekitar hingga di tepian pantai, Jumat (19/1/2018).

Selain Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM turut hadir pula, Wakil Wali Ir. H. Rustan Saru, MM, para pimpinan OPD, Kepala Distrik, Kelurahan serta Ketua RT dan RW setempat.

Tak ketinggalan  anggota TNI-POLRI, siswa siswi SD, SMP dan SMA serta masyarakat setempat.

Sebelum gerakan pembersihan di mulai, Wali Kota mengingatkan peserta Jumat Bersih bahwa Kota Jayapura merupakan rumah, istana dan honai bersama.

Sehingga dibutuhkan kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing, yang tentu harus dimulai dari rumah sendiri.

Wali Kota kemudian berbaur dengan warga membersihkan laut
"Karena jika kita mencintai rumah besar yang menjadi hunian kita sehari-hari, bekerja dan mencari nafkah, bahkan anak-anak kita yang menempuh pendidikan dan bekerja di rumah ini maka tentu harus bersama-sama menjaga kebersihan," imbuhnya.

Dengan demikian, rumah yang dihuni ini akan terlihat bersih Indah dan rapi karena warga tidak membuang sampah sembarangan.

Warga juga dihimbau untuk tak menjadikan kali sebagai tempat pembuangan sampah karena terkait itu Pmerintah Kota Jayapura telah mengeluarkan Perda Nomor 15 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan kebersihan dengan mengatur waktu bagi masyarakat untuk membuang sampah.

"Begitu pula anak-anak sekolah saya ingatkan jika minum es atau meminum aqua atau pun sisa jajan agar sampahnya dibuang ke tempatnya. Nilai-nilai ini harus kita tanam mulai dari PAUD maupun Taman kanak-kanak, agar hal tersebut terbawa sampai ke perguruan tinggi," himbaunya.

Pesan ini disampaikan Wali Kota kepada anak-anak dan diharapkan untuk diteruskan kepada orang tua masing-masing karena kebersihan adalah merupakan bagian dari iman.

ASN dan warga saat berbaur membersihkan selokan di areal Pasar Inpres
Sempat menjadi sorotan putra asli Port Numbay ini, ada RT dan RW juga yang tidak peduli dengan kebersihan kota begitu pula dengan Kepala Distrik dan Lurah padahal ada dana yang disiapkan untuk itu.

Menyikapi itu, Wali Kota kembali meminta peran dari Kepala Distrik, Lurah ,bahkan RW dan RT untuk mengingatkan setiap warganya dengan melakukan kegiatan Jumat Bersih dan Sabtu Bersih.

"Kalau kita bersahabat dengan alam maka tentu alam juga akan ikut bersahabat dengan kita. Karena Tuhan menciptakan kita adalah untuk hidup, serta menjaga, memelihara serta melestarikan alam yang telah diciptakan-Nya," tukasnya.

Pantauan media ini, Wali Kota langsung berbaur dengan warga RT 06/4 Pasar Inpres bagian pantai untuk mengangkat sampah-sampah botol aqua yang berhamburan di laut.

Selanjutnya Walikota meninjau titik lokasi yang dijadikan sebagai lokasi Jumat bersih dari masing-masing OPD.

(Har)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga