Pemprov Diminta Peduli terhadap Penataan Infrastruktur Kota Jayapura

Berstatus sebagai ibu kota, membuat posisi Kota Jayapura sangatlah strategis karena sekaligus menjadi pusat kegiatan Pemerintah Provinsi Papua.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat meninjau Jumat Bersih di pemukiman warga pantai Dok 9
Jayapura, Dharapos.com 
Berstatus sebagai ibu kota, membuat posisi Kota Jayapura sangatlah strategis karena sekaligus menjadi pusat kegiatan Pemerintah Provinsi Papua.

Bahkan, setiap hajatan yang disponsori dari pusat juga dilakukan di negeri berjuluk Port Numbay tersebut.

Atas fakta tersebut, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano,MM mengharapkan pihak Pemprov untuk ikut peduli dengan Pemerintah Kota Jayapura, khususnya dalam penataan infrastruktur.

"Harus ada suplai bantuan dari Pemerintah provinsi dan pemerintah atasan ke Kota Jayapura, karena kota ini milik kita bersama," harapnya saat memimpin kegiatan Jumat Bersih dengan mengambil lokasi di Distrik Jayapura Utara, Jumat (19/1/2018).

Apalagi, Gubernur dan Wakil Gubernur tinggal di kota ini begitu juga dengan para pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Papua.

"Pejabat-pejabat di institusi TNI dan Polri pun tinggal di kota ini dengan KTP Kota Jayapura sehingga mereka semua wajib berpartisipasi terhadap kota ini, sebagai bukti bahwa mereka adalah warga kota yang baik ,“ lanjutnya.

Diakui Wali Kota, meski berstatus sebagai ibukota Provinsi namun Kota Jayapura hingga saat ini tidak pernah diperhatikan Pemerintah Provinsi.

Bahkan parahnya lagi,  besaran Dana Otonomi Khusus yang dikucurkan dari tahun ke tahun hanya konstan sebesar Rp95 miliar dan tidak pernah bertambah.

"Untuk itu, saya mohon bantuan Gubernur untuk membantu Pemerintah kota, untuk kepentingan penataan infrastruktur. Saya menyurati Gubernur Papua untuk membantu Pemerintah kota 20 miliar juga tidak pernah dibantu pada hal ini merupakan ibukota provinsi Papua," bebernya.

Wali Kota kemudian mencontohkan ibukota negara yang diberikan bantuan yang sangat luar biasa karena merupakan wajah Indonesia untuk dunia begitu pula Kota Jayapura merupakan wajahnya Papua bagi Indonesia.

"Contoh lainnya, bagaimana dukungan Pemerintah Sulawesi Selatan kepada Kota Makassar karena statusnya sebagai ibukota provinsi begitu pula dengan Kota Bandung sebagai ibukota Jawa Barat. Ini menunjukkan perhatian para gubernur terhadap kota-kota tersebut sangatlah besar sebagai ibukota provinsi untuk ditata dengan baik," urainya.

Wali Kota kemudian mengajak semua pihak untuk dapat memahami apa yang disampaikannya.

"Seluruh pejabat dari pusat pasti datang ke Kota Jayapura tetapi apakah daerah ini harus tetap semrawut sementara dana Pemerintah setempat sangatlah terbatas," singgungnya.

Wali Kota pada kesempatan itu, mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga Kota Jayapura menjadi wilayah yang aman.

"Kita juga akan mengikuti pemilihan Gubernur dan untuk itu saya selaku Wali Kota siap menjamin kota ini aman. Karena dari Negeri Matahari Terbit ini ada damai untuk Kota Jayapura, ada damai untuk Papua dan ada damai untuk Indonesia," tukasnya.

(Har)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga