Permasalahan Dunia Pendidikan di 2017 lalu telah Dituntaskan

Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM mengakui sejak melakukan sidak ke semua jenjang pendidikan baik SD, SMP dan SMA/SMK, banyak ditemukan permasalahan baik yang berkaitan dengan sertifikasi guru, siswa hingga sarana dan prasarana di 2017 lalu.
Share it:
Wawali Ir. H. Rustan Saru, MM
Jayapura, Dharapos.com 
Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM  mengakui sejak melakukan sidak ke semua jenjang pendidikan baik SD, SMP dan SMA/SMK, banyak ditemukan permasalahan baik yang berkaitan dengan sertifikasi guru, siswa hingga sarana dan prasarana di 2017 lalu.

"Permasalahan yang terjadi khusus terhadap para guru, perlu diberikan arahan karena ada yang tidak aktif dalam proses belajar mengajar begitu pula guru-guru yang tidak mendapatkan dana sertifikasi," terangnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (18/1/2018).

Selain itu pula, ditemukan para guru yang sementara bertugas juga berjualan di sekolah dan langsung diberikan teguran.

"Terhadap siswa, mereka merasa berat karena terjadi pungutan di sekolah baik itu saat masuk sekolah, pengambilan rapor kenaikan kelas bahkan ujian dan juga iuran komite, dan itu juga telah di
hentikan agar tidak terjadi pungutan,“ sambungnya.

Menjelang ujian nasional pun ada sebagian sekolah melakukan pungutan dari para siswa.

"Hal itu tidak ada aturan sehingga tidak boleh dilakukan apalagi kepada anak-anak asli Papua," sambungnya.

Berkaitan dengan hal-hal itu, lanjut Wawali, dirinya bersama Wali Kota secara perlahan melakukan upaya pembenahan serta menghilangkan hal-hal tersebut

"Dan syukur semua berjalan dengan baik," tandasnya.

Bahkan dana sertifikasi guru pada 2017 lalu yang tertunda sekitar Rp12 miliar juga telah terselesaikan dengan baik.

Terkait pungutan-pungutan yang dilakukan di sekolah terhadap para siswa, Wawali akui telah dikembalikan kepada siswa-siswi karena memang hal tersebut tidak diperbolehkan.

"Sebagian besar sekolah di Kota Jayapura mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK sudah tidak lagi melakukan pungutan dalam bentuk apapun. Bahkan sarana dan prasarana di sekolah yang kurang memadai saat ini juga telah terpenuhi," sambungnya.

Langkah sidak ini telah berdampak pada penertiban baik itu penyelesaian sertifikasi guru, sarana prasarana di sekolah bahkan pungutan-pungutan yang tidak sesuai aturan.

"Dalam dunia pendidikan pasti ada saja masalah tetapi Pemerintah Kota Jayapura dalam terus berkomitmen untuk menuntaskan permasalahan-permasalahan yang terjadi," tukasnya.

(Har)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga