Wali Kota ajak Warga Gorontalo Teruskan Perjuangan Nani Wartabone

Menjelang momen Hari Patriotik 23 Januari 1942 di Gorontalo ,Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM menyampaikan beberapa pesan penting sebagai acuan dalam melakukan aktivitas di ibukota Provinsi Papua ini.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat melepas peserta jalan santai yang dikemas DPD KKIG
Provinsi Papua jelang Hari Patriotik 23 Januari 1942, Sabtu (20/1/2018) 
Jayapura, Dharapos.com
Menjelang momen Hari Patriotik 23 Januari 1942 di Gorontalo ,Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM menyampaikan beberapa pesan penting sebagai acuan dalam melakukan aktivitas di ibukota Provinsi Papua ini.


Pesan ini ditujukan kepada seluruh masyarakat Gorontalo yang berdomisili di negeri berjuluk Port Numbay tersebut.

“Pesan saya, mari kita teruskan perjuangan tokoh besar kita pahlawan Gorontalo Nani Wartabone yang berhasil memerdekakan negerinya dari penjajahan Belanda. Begitu pula nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme harus kita junjung tinggi untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan itu,” ajaknya saat memberikan sambutan pada acara Jalan Santai, Sabtu (20/1/2018).

Kegiatan ini dikemas oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Provinsi Papua dalam rangka menyambut  Hari Patriotik 23 Januari  1942 di Gorontalo, yang dipusatkan di Taman Yos Sudarso Imbi, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

 “Sebagai warga Gorontalo maka di manapun dia berada, dimana bumi dipijak maka di situ langit dijunjung,” tandasnya.

Wali Kota juga mengajak warga Gorontalo untuk terus menjaga kerukunan dan keharmonisan agar negeri ini selalu aman dan damai serta terus mendukung program-program Pemkot Jayapura seperti menjaga kebersihan lingkungan.

“Jangan membuang sampah di sembarang tempat tapi buanglah sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah kota Jayapura,” ajaknya.

Sebelum melepas peserta jalan santai, Wali Kota menambahkan jalan santai yang dilakukan bersama ini bertujuan agar warga Gorontalo sehat dan bisa melakukan aktivitasnya dengan baik di negeri yang penuh kedamaian dan cinta kasih ini.

Momen jalan santai, Wali Kota berbaur bersama masyarakat Gorontalo yang berdomisili di Kota Jayapura  
Di tempat yang sama, Ketua DPD KKIG Provinsi Papua, Merlan S. Uloli, SE, M.Si juga menambahkan  Hari Patriotik adalah momen yang tidak akan terlupakan bagi warga Gorontalo di mana pun berada.

“Karena pada saat itu warga Gorontalo dipimpin oleh Nani Wartabone , berhasil mengusir penjajah keluar dan benar-benar lepas dari penjajahan Belanda,” tandasnya.

Namun sayangnya, sejarah nasional enggan untuk menyajikannya dalam skala besar dan membiarkan sejarah itu hanya ada dalam ingatan anak-anak Gorontalo.

“Untuk itu, sebagaimana slogan jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah itu dan kami warga Gorontalo yang ada di tempat ini untuk menjadi bangsa besar harus tahu menghargai jasa para pahlawannya,” sambungnya.

Lanjut Merlan, kehadiran KKIG di sini adalah untuk membangkitkan semangat kebangsaan terutama para pemuda Gorontalo di rantau dalam meneladani semangat perjuangan pantang menyerah Nani Wartabone.

Merlan juga mengajak warga Gorontalo di Kota Jayapura untuk  turut berpartisipasi membangun negeri ini.

“Dimana kita berpijak yaitu tanah Port Numbay, dengan jiwa rela berkorban dan menjaga persatuan dalam keberagaman,” tukasnya.

Pada kegiatan ini juga panitia menyediakan sejumlah door prize bagi peserta jalan santai.

Jalan santai tersebut dilepas oleh Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM didampingi Ketua DPD KKIG Provinsi Papua, Merlan S. Uloli dan Kepala LPP RRI Jayapura.

(Har)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga