Wali Kota Luncurkan Bansos Rastra ke 5 Distrik di Kota Jayapura

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM secara resmi melaksanakan peluncuran Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) Kota Jayapura Tahun 2018.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penerima manfaat
Jayapura, Dharapos.com
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM secara resmi melaksanakan peluncuran Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) Kota Jayapura Tahun 2018, Rabu (24/1).

Bansos rastra tersebut diberikan kepada 5 distrik yang ada di ibukota Provinsi Papua tersebut.

Acara peluncuran Bansos Rastra berlangsung di halaman kantor Dolog, kawasan Jalan Sanatarosa, dan dihadiri Asisten II Setda Provinsi Papua  Drs. Elia Loupatty, MM,  Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Ribka Haluk serta Kepala Bulog Divre Papua - Papua Barat Fauzi Muhamad.

Wali Kota yang dikonfirmasi seusai acara peluncuran mengatakan hari ini bantuan rastra di salurkan sebanyak 16 ribu ton lebih langsung ke 5 Distrik di Kota Jayapura yang terdiri dari 25 kelurahan dan 14 kampung.

Rinciannya masing-masing penerima manfaat memperoleh 10 Kg.

"Rastra ini adalah bantuan dari Pemerintah pusat yang diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu secara gratis dalam rangka menyejahterakan rakyat di seluruh Indonesia salah satunya  di Papua," urainya.

Untuk itu, Wali Kota meminta Kepala Distrik dan Lurah agar dapat menyalurkannya dengan baik tanpa membebani penerima manfaat dengan biaya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Jayapura ini menegaskan para Kepala Distrik dan Lurah untuk rutin mengevaluasi data setiap 3 bulan sekali agar betul-betul bantuan tersebut sampai kepada mereka yang berhak.

"Saya minta di data dengan baik agar di kemudian hari kita tidak di komplain masyarakat," cetusnya.

Kepada Kepala Bulog, Wali Kota mengharapkan agar penyalurannya Bansos Rastra ini tepat sasaran, efisien, efektif dan tepat jumlah dan juga harus dilakukan koordinasi secara baik bersama Bappeda, Distrik, kemudian juga dengan Kelurahan agar program ini bisa diterima dengan baik oleh para penerima manfaat.

Sementara itu, Ketua Panitia  Bansos Irawadi mengatakan jumlah penerima manfaat untuk Kota Jayapura yang ada di 5 Distrik berjumlah 16.784 orang,

"Maksud dan tujun dari peluncuran bansos rastra ini adalah untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan akses masyarakat miskin dan rentan melalui pemenuhan kebutuhan pangan pokok yang menjadi hak dasarnya, kemudian memastikan penerima Bansos tepat sasaran," tandasnya.

Sedangkan manfaat dari Bansos ini sendiri adalah meningkatkan ketahanan pangan di tingkat warga penerima manfaat sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

"Dan juga meningkatkan akses pangan baik secara fisik berupa beras maupun ekonomi yang disalurkan tanpa biaya tebus, selanjutnya membantu kebutuhan ekonomi di daerah," pungkasnya.

(Vian)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga