Wali Kota pastikan waktu dekat TPU Muslim siap digunakan

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM didampingi Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM bersama Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Jayapura Drs. H. Syamsuddin, MM meninjau Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim yang berlokasi di Buper Waena, Distrik Heram, Rabu (31/1/2018).
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano bersama rombongan saat meninjau lokasi TPU Muslim, Buper Waena 
Jayapura, Dharapos.com
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM didampingi Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM bersama Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Jayapura Drs. H. Syamsuddin, MM meninjau Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim yang berlokasi di Buper Waena, Distrik Heram, Rabu (31/1/2018).


Sejumlah tokoh Muslim, pengurus Masjid hingga seluruh organisasi Islam di Kota Jayapura turut serta dalam kunjungan tersebut.

Untuk diketahui, TPU ini memang menjadi salah satu program Wali Kota kepada seluruh umat Muslim di Kota Jayapura, mengingat tingginya biaya pemakaman di wilayah tersebut.

Pemerintah setempat kemudian memikirkan untuk bagaimana menyediakan TPU bagi umat Muslim di Kota Jayapura.

Sejak periode pertama kepemimpinan putra asli Port Numbay ini,  pembangunan TPU Muslim telah direncanakan  di atas lahan seluas 10 hektar hingga akhirnya pada periode kedua, janji tersebut terealisasi.

Wali Kota yang dikonfirmasi memastikan pada 2 Februari mendatang akan melakukan doa syukur agar TPU ini bisa digunakan oleh umat Muslim di Kota Jayapura.

“Progres penyelesaian pekerjaan TPU Muslim ini sudah mencapai 65 persen,” cetusnya.

Menindaklanjuti itu, pihaknya telah mengumpulkan para tokoh Muslim di gedung Sian Soor, kantor Wali Kota yang turut dihadiri Kepala Kementrian Agama Kota Jayapura, Ketua MUI setempat, para pengurus masjid dan seluruh organisasi Islam di daerah ini.

“Pertemuan tersebut sekaligus melakukan sosialisasi kesiapan TPU Muslim di Buper Waena yang sudah siap untuk digunakan, “ sambung orang nomor satu di ibu kota Provinsi Papua ini saat melakukan peninjauan TPU Muslim, Rabu (31/1/2018).

Sejumlah tokoh Muslim, pengurus masjid hingga seluruh organisasi Islam di Kota Jayapura
berkesempatan turut serta dalam kunjungan tersebut
Saat melakukan peninjauan,diakui Wali Kota banyak masukan dan saran dari para tokoh Muslim tersebut.

Makam gratis ini juga akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti mushola dan tempat parkir mobil motor serta akan di pasang papan nama makam pada gapura pintu masuk.

Selain itu juga akan dilakukan pengaspalan Jalan termasuk pemasangan lampu penerangan jalan umum. Karena TPU Muslim ini selain digunakan untuk pemakaman bisa juga menjadi tempat rekreasi

“Setelah para tokoh Muslim ini meninjau lokasi TPU dan kembali maka mereka akan melakukan sosialisasi kepada umat Muslim di Kota Jayapura,” lanjut Wali Kota.

Untuk pengelolaan TPU Muslim ini, nantinya menjadi tanggung jawab Pemkot Jayapura.

Kembali lanjut Wali Kota juga disepakati bersama antara Kepala kantor Kemenag Kota Jayapura, Ketua MUI, para pengurus masjid dan seluruh organisasi Islam setempat terkait penggali kubur.

“Jika ada pihak keluarga duka yang ingin menggali sendiri berarti digratiskan dan tidak dikenakan biaya namun jika meminta bantuan petugas dari Dinas PUPR Kota maka untuk orang dewasa dikenai biaya Rp1.000.000, sedangkan untuk anak-anak Rp750.000,” rincinya.

Kesepakatan lain juga yakni untuk Tipe makam untuk anak kecil dan orang dewasa juga telah disepakati semuanya satu tipe.

Wali Kota menambahkan TPU Muslim ini juga akan dilakukan pengamanan khusus dimana Pemkot akan berkoordinasi dengan Pos Polisi Subsektor Heram yang nantinya akan dibantu juga oleh Satpol PP Kota Jayapura.

Di tempat yang sama Kepala Kemenag Kota Jayapura Drs. H. Syamsuddin, MM, juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Jayapura.

“Karena TPU Muslim ini merupakan jawaban dari mimpi kita bersama, dan kini sudah terealisasi dimana kita semua telah melihat lokasinya dan dalam waktu dekat akan segera digunakan,” tandasnya.

Hal ini, tegas Syamsuddin, merupakan wujud keseriusan Pemkot dalam memperhatikan umat Muslim di Kota Jayapura.

(Har)

Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga