Wali Kota resmi rumah Ondofolo Hebeibulu Yoka

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM meresmikan Rumah Ondopolo Heybeybulu Yoka, Selasa (30/1/2018).
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat meresmikan Rumah Ondofolo Hebeibulu Yoka,
Selasa (30/1/2018) ditandai dengan pengguntingan pita pada pintu rumah 
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM meresmikan Rumah Ondofolo Hebeibulu Yoka, Selasa 
(30/1/2018).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita pintu rumah oleh Wali Kota yang di saksikan Ondoafi, KPK Yoka dan masyarakat setempat.

Pembangunan rumah-rumah Ondofolo ini merupakan program Pemerintah Kota Jayapura berasaskan kearifan lokal di 14 kampung. 

"Kita bangun juga para-para, rumah hingga MCK di 14 kampung bahkan lebih dari itu kita sekolahkan anak-anak Port Numbay di UKSW Salatiga tentu untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia agar menjadi lebih baik dan cerdas," lanjutnya.

Diresmikannya rumah Ondofolo ini, nantinya akan ditempati Ondoafi bersama keluarga sambil  melindungi dan mengayomi rakyatnya. 

Selebihnya itu, rumah yang di bangun di atas lahan seluas 14×16 meter ini juga akan dijadikan sebagai rumah doa.

"Rumah ini merupakan hasil persembahan kami Pemerintah kota kepada Ondoafi sebagai rumah doa serta tempat melakukan diskusi dalam keluarga guna memecahkan berbagai permasalahan di Kampung Yoka," tandasnya.

Pembangunan rumah Ondofolo ini juga sebagai penghormatan serta penghargaan Pemkot kepada para Ondoafi yang ada di 14 kampung.

Orang nomor satu di ibukota Provinsi Papua ini juga mengingatkan Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) setempat untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka melindungi dan mengayomi masyarakat di Kampung Yoka.

"Berikanlah kepada kaisar apa yang kaisar punya atau berikan kepada raja apa yang raja punya artinya jika itu merupakan hak rakyat berikanlah kepada rakyat dan kalau Itu haknya kepala kampung maka kita berikan itu agar menjadi berkat bagi keluarga kita," tukas Wali Kota.

Ia juga meminta seluruh masyarakat Hebeibulu Kp Yoka dapat menjaga hubungan persaudaraan dengan baik dengan saling menghargai satu dengan yang lainnya.

"Tidak boleh ada perkelahian di kampung ini dan mari kita jaga tatanan adat hidup orang bersaudara di kampung  ini," pinta Wali Kota sesaat sebelum berlangsungnya proses peresmian.

Dikatakannya, Kp Yoka telah banyak menciptakan manusia-manusia yang handal, sehingga keberadaan kawasan ini harus terus dipertahankan.

"Termasuk pula agar tananan adat, makanan khas dan tari-tarian hingga berbagai ukiran khas di kampung Yoka tetap terjaga dan lestari sampai ke anak cucu kita," imbuhnya.

KPK Yoka Antonius Mebri merincikan pembangunan rumah Ondofolo ini bersumber dari anggaran dana desa yang nantinya diperuntukkan untuk setiap kegiatan adat di kampung Yoka serta juga menjadi pusat kegiatan administrasi lembaga adat setempat.

Pembangunan rumah Ondofolo Hebeibulu Yoka di atas tanah seluas14×16 meter ini menghabiskan anggaran yang berseumber dari dana Kampung (ADK) TA 2017 sebesar Rp450 juta.

Sementara itu, Ondoafi Kampung Yoka, Titus Mebri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota karena telah berupaya semaksimal mungkin hingga berdirinya bangunan yang megah ini.

"Kami tidak bisa memberikan sesuatu apapun atas budi baik dan sumbangsih yang luar biasa ini, namun kiranya Tuhan selalu menyertai dan memberkati Pemerintah kota dalam tugas dan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Persemian oleh Wali Kota ditandai dengan pengguntingan pita pada pintu bangunan rumah didamping Ondoafi Yoka.

Usai peresmian, Wali Kota didampingi Ondoafi serta KPK Kp. Yoka  langsung meninjau rumah tersebut.

(Har)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga