Komisi V DPRP dukung langkah cepat pengoperasian Pasar Mama Papua

Ketua Komisi V DPR Papua Yan Mandenas mengaku mendukung langkah cepat dari Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM mengupayakan pengoperasian pasar Mama-mama Papua yang dibangun Pemerintah pusat.
Share it:
Pasar Mama-mama Papua yang baru
Jayapura, Dharapos.com
Ketua Komisi V DPR Papua Yan Mandenas mengaku mendukung langkah cepat dari Wali Kota Jayapura  DR. Benhur Tomi Mano, MM mengupayakan pengoperasian pasar Mama-mama Papua yang dibangun Pemerintah pusat.

"Kita hanya membutuhkan penyelesaian administrasi oleh pimpinan Damri dengan pimpinan tingkat pusat serta BUMN dalam rangka memberikan legitimasi secara administrasi dan bisa memberikan legalitas hukum untuk proses perjanjian kerja sama pinjam pakai lahan sesuai harapan Pemerintah Daerah Kota Jayapura," cetusnya usai menghadiri rapat terakhir rencana pengoperasian pasar Mama-mama Papua, di ruang rapat Wali Kota, Jumat (9/2/2018).

DPR Papua, tegas Mandenas, akan mendukung kebijakan Wali Kota untuk penyelesaian hak ulayat masyarakat.

"Termasuk masalah teknis adalah urusan Pemuda Kota Jayapura," tandasnya.

Pihaknya juga berharap pasar Mama-mama Papua yang baru akan dikelola penuh oleh Pemda kota untuk setiap pedagang yang masuk dalam pasar tersebut.

"Dan tidak boleh ada organisasi manapun yang menangani tapi oleh Pemda kota agar lebih tertib dan terkendali," imbuhnya.

Politisi Hanura ini juga meminta dilakukan komunikasi secara baik dengan pemilik hak ulayat agar penyelesaiannya tuntas sehingga di kemudian hari tidak terjadi aksi-aksi yang kemudian meresahkan masyarakat khususnya yang mengakses pasar tersebut.

Termasuk juga Mama-mama Papua selaku pengguna jasa pemerintah yang sudah menyediakan fasilitas atau tempat untuk berjualan.

"Kami juga berharap jika sudah ada pasar maka Mama-mama tidak ada lagi yang berjualan di Gelael dan sekitarnya tapi semuanya harus tertib masuk ke dalam pasar yang telah disediakan pemerintah," tukasnya.

Turut hadir Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM, Ketua Komisi V DPRP Yan P. Mandenas, Wakil Ketua I dan II DPRD Kota Jayapura, pimpinan BUMN, PT. Telkom, pimpinan Perum Damri dan Pokja Papua.

Kemudian hadir pula, perwakilan Perindagkop Kota Jayapura, Kapolres Jayapura Kota, Dandim 1701 Jayapura, Kabag Pemerintahan, Kabag Hukum, Bappeda, Kepala Distrik Jayapura Utara hingga Lurah Gurabesi.

(Har)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga