KPU - Panwas Kota Jayapura lakukan Verfak di DPC Gerindra

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura bersama mitra dari Panwas setempat telah melaksanakan verifikasi faktual (Verfak) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Jayapura
Share it:
KPU bersama mitra dari Panwas setempat telah melaksanakan Verfak Partai Gerindra Kota Jayapura 
Jayapura, Dharapos.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura bersama mitra dari Panwas setempat telah melaksanakan verifikasi faktual (Verfak) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Jayapura.

Kegiatan yang berlangsung di kantor DPC Gerindra, Kamis (1/2/2018) dalam rangka memeriksa kelengkapan dokumen parpol peserta Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kota Jayapura.

Ketua Tim, Matias Kutumun dalam pernyataannya seusai verfak mengakui jika pihaknya melakukan beberapa prosedur.

"Antara lain yang pertama terhadap kepengurusan, yang kedua terhadap keterwakiln 30 persen pengurus inti, dan ketiga pemeriksaan akta perkantoran dan fasilitas yang dimiliki serta status kantor," rincinya.

Khusus untuk keanggotaan, tim melakukan pemeriksaan sampel dari keanggotaan yang memenuhi syarat dengan ketentuan sampel adalah 5 persen dari yang memenuhi syarat.

Untuk DPC Gerindra Kota Jayapura adalah 23 orang dari jumlah yang memenuhi syarat dari sekitar 420 orang.

"Dan dari hasil verifikasi yang kami lakukan hari ini semuanya sesuai," tandas Matias.

Namun terkait penetuan status itu, pihaknya tidak punya kewenangan untuk melakukannya.

"Kami akan melakukan verifikasi lebih lanjut di KPU Kota Jayapura terhadap hasil yang kami lakukan di hari ini, dan untuk penyampaian hasilnya akan dilakukan pada tanggal 2 Februari," sambungnya.

Jika nanti dalam penyampaian hasil verifikasi ada kekurangan dan harus diperbaiki dan dilengkapi, maka akan dilakukan  pada masa perbaikan yaitu tanggal 3 - 5 Ferbuari dan penyampaian terakhir hasil verifikasi pada 17 Februari.

"Untuk di kota sendiri, 12 partai Politik peserta Pemilu 2014 lalu yang kami sudah verifikasi hari ini selesai semua," cetus Matias.

Pihaknya berharap dengan aturan dan kemudahan-kemudahan yang telah diturunkan oleh KPU pusat terutama sampel keanggotaan partai politik dari 10 persen menjadi 5 persen dapat memudakan baik KPU dalam melaksanakan tugas maupun status yang diharapkan oleh parpol seluruhnya bisa memenuhi syarat.

Sementara Ketua DPC Gerindra Budidayani membenarkan pihaknya sudah diverifikasi faktual oleh tim verifikator dari KPU dan Panwaslu Kota Jayapura berdasarkan administrasi dari sipol dan kepemilikan kantor serta berdomisili.

"Intinya kami dari DPC siap untuk melengkapi semua persyaratan yang sudah disyaratkan oleh UU PKPU kami berusaha untuk melengkapi dengan semaksimal mungkin. Harapan kami mudah-mudahan nanti hasil yang ditetapkan oleh KPU semuanya bisa berjalan sesuai apa yang kami harapkan," tukasnya.

(Vian)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga