Pansus Pilgub Papua resmi serahkan dokumen ke MRP

Panitia Khusus Pemilihan Gubernur (Pansus Pilgub) Papua secara resmi menyerahkan Dokumen Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur setempat ke Majelis Rakyat Papua (MRP).
Share it:
Penyerahan dokumen keaslian orang Papua dari Ketua Pansus Pilgub kepada Ketua MRP
Jayapura, Dharapos.com
Panitia Khusus Pemilihan Gubernur (Pansus Pilgub) Papua secara resmi menyerahkan Dokumen Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur setempat ke Majelis Rakyat Papua (MRP).

Momen tersebut berlangsung dalam rapat Pleno Penyerahan Dokumen Verifikasi Persyaratan Keaslian Orang Papua calon Gubernur dan Wagub Provinsi di ruang sidang MRP, Rabu (14/2).

Ketua MRP, Timotius Murip yang dikonfirmasi seusai pleno membenarkan hari ini pihaknya telah menerima penyerahan Dokumen Cagub dan Wagub Papua.

"Tadi sudah diserahkan DPRP dalam hal ini Pansua Pilgub kepada kami (MRP, red) untuk melakukan verifikasi tentang keaslian orang Papua," akuinya.

Bahkan, pada momen yang sama pula selaku ketua telah menyerahkan dokumen dimaksud ke Pansus MRP untuk selanjutnya akan dilakukan verifikasi.

Diakui Murip, waktu yang diberikan kepada pihaknya sangat singkat yaitu 5 hari saja untuk melakukan verifikasi.

"Karena itu, mulai hari kami akan maraton untuk melakukan tahapan-tahapan verifikasi faktual ke daerah asal masing-masing paslon untuk mengecek keaslian orang Papua," tandasnya.

Pansus MRP juga akan mengundang kedua kandidat untuk menyampaikan silsilah dalam keluarga menurut bahasa daerahnya masing-masing.

Oleh Ketua  MRP, dokumen tersebut langsung dirserahkan ke Ketua Pansus  MRP
"Setelah itu, barulah kami akan lakukan pleno dan mengembalikan berkas tersebut ke DPRP," tukasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPR Papua Yunus Wonda yang turut hadir mendampingi Ketua Pansus Pilgub juga membenarkan jika hari ini pihaknya telah menyerahkan berkas dimaksud ke MRP

Dan, selanjutnya MRP akan melakukan tugasnya sesuai dengan mekanisme yang ada.

"Intinya semua yang Pansus lakukan ini adalah sah, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Papua agar tetap mendukung semua tahapan yang sedang berjalan dan jangan terpancing dengan berbagai isu yang bisa membuat tahapan ini berjalan dengan tidak baik," imbuhnya.

Wonda juga menegaskan tidak ada lagi persoalan diantara ketiga lembaga ini yaitu KPU, MRP dan DPRP dalam hal ini Pansus.

"Dan tujuan kami hanya satu yaitu menyukseskan Pilgub Papua dengan kondisi yang bagaimana pun yang kita hadapi dan kami akan berusaha menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi semua orang yang hidup di atas tanah ini," tegasnya.

Tak lupa, Wonda mengingatkan tim sukses baik dari Lukmen maupun Jhosua harus bisa menahan diri dan tidak saling mengkritisi dengan cara-cara yang ilegal sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif.

"Dan biarlah masyarakat yang memilih siapa yang terbaik dan layak menjadi pemimpin di tanah ini," pungkasnya.

(Vian)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga