TPU Muslim Buper Waena resmi beroperasi

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM resmi mengoperasikan Taman Pemakaman Umum (TPU) Muslim yang berlokasi di kawasan Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Kota Jayapura, Selasa (6/2/2018).
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Wakil Wali Kota Ir. Rustan Saru, MM
sahkan penggunaan TPU Muslim Buper Waena, Selasa (6/2/2018)
Jayapura, Dharapos.com  
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM resmi mengoperasikan Taman Pemakaman Umum (TPU) Muslim yang berlokasi di kawasan Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Kota Jayapura, Selasa (6/2/2018).

Peresmian TPU yang dibangun di atas lahan seluas 10 Hektar ini merupakan realisasi atas program yang telah dijanjikan orang nomor satu di ibukota Provinsi Papua ini kepada warga Muslim di wilayah tersebut.

Ibadah syukur pun digelar menyambut pengoperasiannya yang dihadiri Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan  Saru, MM, Kapolres Jayapura Kota AKBP. Gustav R. Urbinas, SH, SIK, Wakil Ketua DPRD Kota, Timbul Sipahutar, SH, Kepala Kantor Kemenag Kota Jayapura, Drs. Syamsuddin, MM,  Ketua MUI, para tokoh dan pengurus masjid di Kota Jayapura dan masyarakat Muslim setempat.

"Apa yang telah direncanakan oleh Pemerintah Kota Jayapura bukanlah janji palsu kepada rakyatnya," tegas  Wali Kota dalam sambutannya pada acara syukuran tersebut.

Ia juga mengaku telah mengundang seluruh warga Muslim di Kota Jayapura untuk menyaksikan terealisasinya janji Pemkot di bawah kepemimpinannya.

Wali Kota juga pada kesempatan itu menegaskan kepada seluruh umat Muslim dan tamu undangan serta awak media bahwa status lahan yang menjadi lokasi pembangunan TPU Muslim seluas 10 hektar ini telah dituntaskan.

Dan telah melalui tahapan-tahapan pengujian amdal, terkait layak atau tidaknya lahan tersebut digunakan, termasuk pula apakah mengganggu masyarakat atau tidak.

"Semua telah dikaji dengan matang dimana masalah pembayaran tanah ini telah diselesaikan 5 hektar dan tinggal 5 hektar yang akan segera dilunasi oleh Pemerintah Kota Jayapura," janjinya termasuk akses jalan menuju TPU Muslim juga akan dilakukan pengaspalan serta dilengkapi dengan lampu penerangan jalan umum .

"Agar pada malam hari pun bisa digunakan untuk melakukan pemakaman umat Muslim yang meninggal," sambungnya.

Wali Kota menegaskan pula untuk lahan parkir roda dua dan roda empat tidak dikenakan biaya alias gratis.

Komitmen ini guna menjawab keluhan masyarakat Muslim yang selama ini dibebani biaya berkisar 15 - 25 juta saat memakamkan sanak keluarganya di lokasi TPU Abe Pantai.

Belum lagi, pada hari raya Idul Fitri, umat muslim yang melakukan ziarah makam keluarganya harus membayar biaya parkir motor hingga Rp50.000 sedangkan mobil Rp100.000 di lokasi tersebut.

"Pokoknya kita tidak boleh membebani masyarakat," tukas dia mengulangi komitmennya sejak awal merencanakan pembangunan TPU Buper Waena.

Momen yang sama, Ketua MUI Kota Jayapura M. Sulham Makmun, juga mengakui berpuluh-puluh tahun umat Muslim di daerah ini mendambakan lahan sebagai tempat pemakaman.

"Terima kasih kepada Bapak Wali Kota dan Wakil Wali yang telah merealisasikan apa yang selama ini didambakan umat Muslim di Kota Jayapura serta Bapak Gubernur Papua yang telah membantu pembangunan pagar keliling TPU Muslim Buper Waena," ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Jayapura, Drs. H. Syamsuddin, MM juga menambahkan umat Muslim di di daerah ini menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang telah menjawab mimpi mereka dengan keberadaan TPU tersebut.

"Saya ingin mengajak seluruh umat Muslim untuk sama-sama menjaga kebersihan dan dengan memelihara TPU ini khususnya pada saat melakukan memakamkan keluarganya. Serta perlu juga kita menjaga keamanan dan kenyamanan di lokasi ini," tukasnya.

Perlu diketahui, untuk pematangan lahan dan pembuatan pagar keliling di biayai  oleh Pemerintah Provinsi Papua.

(Har)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga